Sabba Jallas, Menggambar di Atas Foto Pengeboman Untuk Memberi Pesan Perdamaian

Sabba Jallas. Anda mungkin belum pernah mendengar namanya. Namun mungkin pernah melihat hasil karya gambarnya di Facebook. Karya gambar Sabba Jallas sangat unik sekaligus menyentuh.

Perempuan Yaman ini terinspirasi oleh para seniman di Gaza, Palestina, dengan karya seni gambar di atas foto pengeboman.

Jallas kemudian mencoba ikut menggambar karya karya serupa dan menyebarkannya di media sosial. Saat Arab Saudi beserta koalisinya mulai melakukan operasi militer di Yaman Maret lalu, Sabba Jallas sulit mempercayai bahwa kehancuran seperti itu bisa terjadi di depan matanya.

Sabba Jallas foto perempuan memandang bunga mawar

"Saya adalah orang yang selalu optimis namun saat perang terjadi saya sangat terguncang," ujarnya.

Jallas, seperti halnya orang-orang Yaman lainnya, menghabiskan waktu berbulan-bulan bertahan dari konflik bersama keluarganya.

Sabba Jallas foto perempuan menyelamatkan anaknya dari kobaran api

"Saya harus menyelamatkan diri saya dari perasaan negatif dan memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Saya mencari cara di internet untuk mengatasi perasaan ini." Ia pun menemukan sekelompok seniman dari Palestina yang mengubah foto-foto pengeboman di Gaza menjadi pesan-pesan perlawanan.

Ini yang memberi dia inspirasi untuk juga membuat karya yang sama dengan membuat pesan pada gambar-gambar ledakan serta serangan di Yaman.

Sabba Jallas gambar perempuan menari

Konflik di Yaman berawal dari pemberontakan di Houthi utara yang mengambil alih kota Sanaa dan mulai bergerak ke Selatan. Koalisi Arab Saudi kemudian melancarkan operasi militernya atas permintaan pemerintah Yaman. Tragedi ini telah menelan 6.000 korban jiwa dan separuhnya adalah penduduk sipil.

Jallas, yang tidak ingin menyebutkan lokasinya, mengunggah hasil karyanya melalui halaman Facebook dan berharap bisa menyebarkan pesan positif di tengah tragedi yang berlangsung.

"Saya mencoba pulih dengan menggambar," ujarnya. "Mungkin gambar tidak bisa mengubah segalanya tapi saya merasa sangat senang saat orang-orang mengatakan gambar saya memberi mereka harapan."

Sabba Jallas foto perempuan menggendong anaknya

Sebagian besar gambar Jallas adalah tentang perempuan yang menggendong anak mereka, atau terlihat bahagia.

"Mungkin karena saya melihat perempuan sebagai simbol kasih sayang, " jelasnya.

Salah satu optimisme Sabba diperlihatkan lewat gambar di sekolah yang sudah hancur.

Sabba Jallas foto kelas hancur diubar menjadi bagus

Gambar lain menunjukkan orang dengan baju tradisional Yaman dengan latar belakang yang damai, beberapa juga memperlihatkan bangunan sekolah yang telah hancur.

"Ada hikmah yang bisa diambil dari apa yang terjadi di Yaman. Kita harus bisa menerima perbedaan," ujarnya.

"Saat kita lebih memilih mengangkat senjata daripada seni dan keindahan, (kehancuran) inilah yang terjadi."

via: BBC Indonesia

0 Komentar

Posting Komentar